Senin, 11 Februari 2019

Okuna - Sirup Okuna | Dapur Uswah

Okuna - Sirup Okuna | Dapur Uswah

Sirup okuna - "The Miracle of Peneaple Peel" , Sirup okuna adalah merupakan produk dari Dapur Uswah yang ingin peduli dengan pemanfaatan limbah, dalam hal ini Dapur Uswah melakukan pengolahan limbah kulit nanas. Olahan kulit nanas ini kami buat menjadi sirup yang bisa juga dikonsumsi, selain itu ternyata kulit nanas mempunyai beberapa kandungan manfaat didalamnya.

Kandungan Kulit Nanas :
Kulit nanas mengandung banyak gizi. Kulit nanas mengandung 81,72 % air, 20,87 % serat kasar, 17,53 % karbohidrat, 4,41 % protein, 0,02 % lemak, 0,48 % abu, 1,66 % serat basah, dan 13,65 % gula reduksi.

 Selain itu kulit nanas juga mengandung :
- Asam Chlorogen, yaitu senyawa antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. 
- Cytine di dalamnya berguna untuk pembentukan kulit dan rambut. 
- Asam Amino Esensial di dalamnya berguna untuk memperbaiki jaringan otot.

Manfaat Kulit Nanas

1. Memperlancar buah air besar dan air kecil
Kulit nanas memiliki tekstur berair. Kandungan air inilah yang bisa memberikan efek diuritik atau memperlancar buang air kecil. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga berguna untuk memperlancar buang air besar.

2. Mengatai ketombe 

Khasiat kulit buah yang memiliki nama lain nenas lainnya adalah untuk mengatasi ketombe. Kandungan cytine di dalamnya mampu menyehatkan rambut sekaligus memberantas ketombe. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merendamnya dalam air garam kemudian menggosokkannya ke kuit kepala dan biarkan sejanak. Setelah terasa mengering, bilas menggunakan shampo sambil menggosoknya perlahan. Hasil akan lebih maksimal jika Anda menggosok kulit kepala menggunakan handuk halus dan keramas lagi setelahnya.

3. Mengobati sakit kepala

Selain dapat memberantas ketombe, kulit nanas yang digosokkan ke area kepala juga dapat mengatasi sakit kepala. Hal ini dikarenakan kulit buah ini memiliki efek menenangkan sehingga dapat mengobati sakit kepala membandel.

4. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan  vitamin E dan C dalam kulit buah yang memiliki daun menyerupai mahkota ini juga sangat berguna untuk kesehatan kulit. Jika digunakan secara teratur, masker dari kulit buah ini juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

5. Menurunkan asaman lambung
Kenaikan asam lambung adalah kondisi yang sangat membahayakan bagi tubuh. Tak hanya dapat menghilangkan nafsu makan, kondisi seperti ini juga dapat menimbulkan gerd sehingga dada terasa panas atau bahkan masuknya cairan asam lambung ke paru-paru.

Agar kondisi tak semakin parah, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kulit nanas. Berbeda dengan daging buahnya yang menaikkan asam lambung, kulit buahnya justru bisa menurunkan asam lambung. Namun, sebelum memutuskan menggunakan kulit buah ini sebagai obat herbal asam lambung, konsultasikan dulu ke dokter karena mungkin saja kandungan di dalamnya memiliki efek kontradiksi terhadap obat-obatan dokter.

 

6. Menghambat pertumbuhan bakteri
Kandungan kulit buah yang satu ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Oleh karenanya, kulit buah yng satu ini juga dapat memerangi aneka penyakit yang disebabkan oleh bakteri


7. Mengobati radang tenggorokan
Vitamin C dalam kulit buah yang satu ini dapat berfungsi untuk menyembuhkan  sakit tenggorokan. Tak hanya itu, efek antioksidan di dalamnya juga dapat memperbaiki kerusakan yang timbul selama peradangan terjadi.

 
8. Menjaga kesehatan ginjal
Jika dikonsumsi dalam takaran yang cukup, kulit nanas juga daoat menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan kandungannya yang baik untuk membantu sintesa protein. Jika protein tercerna dengan baik, maka tak akan ada protein berlebih dalam darah sehingga kinerja ginjal pun tak akan telalu berat

 
9. Memperlancar siklus mensturasi
Terkadang wanita memiliki masalah dengan siklus haidnya. Padahal, siklus haid yang tak teratur dapat mempengaruhi kesehatan sistem reproduksi, terutama yang berkaitan dengan masalah kesuburan. Jika hal semacam ini terjadi pada Anda, cobalah memanfaatkan kulit nanas sebagai solusinya.

Dapur Uswah - Zerowaste Project
WA : 085730750466
Fanspage : http://facebook.com/DapurUswah
Email : DapoerUswah@gmail.com
 
-
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar